Cinta Kasihan

“Kamu yakin kamu benar mencintainya?”

Saya terpana mendengar tanya Anggi.

“Menurut kamu? Apa saya akan menikahi dia kalau saya tidak mencintai dia?”

“Kamu harus bisa membedakan cinta dan kasihan, Ar! Selama ini saya lihat, kamu selalu mengucapkan kasihan. Kamu kasihan karena ibunya stroke, kamu kasihan karena dia selalu muram. Tidakkah kamu mengasihani dirimu sendiri?”

Saya terbungkam oleh diam. Kemudian mencoba menata ulang pikiran saya.

Selama ini saya memang tidak pernah merasa bahagia. Saya berharap, dengan menikahi dia, saya akan membuatnya bahagia. Tapi saya?

Saya pikir saya akan bahagia melihat dia bahagia. Tidakkah itu sudah terjadi? Tunggu… Sudahkah saya membuatnya bahagia?

“Saya mengasihi dia,” jawab saya kalem.

“Mengasihi atau mengasihani?”

“Apakah bedanya?” tanya saya. “Mengasihi dan mengasihani, bukankah keduanya berasal dari kata yang sama, kasih? Lalu, apa bedanya mengasihi dan mengasihani? Saya mengasihi dia. Saya mengasihani dia. Apakah berbeda?”

Anggi menatap saya dengan gemas. “Kamu boleh mengasihani dia, tapi jangan korbankan dirimu! Apa gunanya mengasihani dia kalau kamu pun tak bahagia?”

Saya menimbang-nimbang perkataannya. “Bukankah pengorbanan adalah bukti cinta?”

“Apakah kamu senang berkorban untuk dia?”

Lagi-lagi saya termangu. Senangkah saya? Bahagiakah saya? Mengapakah pertanyaan itu jadi sulit sekarang? Mengapa baru terasa sulit sekarang?

Saya ragu sejenak. “Entahlah.”

“Lihat! Bahkan kamu sendiri tak tahu. Bagaimana kamu bisa mengatakan itu cinta? Kamu boleh bilang itu cinta, kalau kamu bahagia berkorban untuk dia!”

Bibir saya terlekat. Saya tak tahu pasti jawaban pertanyaan Anggi.

Tak terduga, tanya Anggi merasuk juga pada pikiran saya. Mungkinkah selama ini saya tidak merasakan cinta? Mungkinkah saya hanya kasihan? Tapi, saya sudah menikah dengan dia. Sudah terlanjur.

Apakah saya tak bisa membedakan cinta dan kasihan?

There are no comments on this post.

Leave a Reply

