Lukisan Hidup

Melukis adalah seni. Curahkan perasaan, pahami sang lukisan. Inspirasilah yang harus dituangkan, bukan plagiat. Seni yang terburuk adalah seni yang tidak jujur.

Hidup adalah lukisan. Penuh warna, penuh emosi. Hidup berasal dari inspirasi. Sudah semestinya hidup merupakan kejujuran bagi diri sendiri.

Banyak orang yang mengritik, seharusnya memakai warna ini, seharusnya menyapukan arah itu, seharusnya menggunakan gradasi. Bila diikuti, semua mulut berbicara semua hal berbeda. Lukisan tak pernah jadi. Lukisan tak terlihat indah. Lukisan tak bersumber dari inspirasi. Dan lukisan menjadi sebuah kepalsuan.

Mempertimbangkan saran yang datang, boleh-boleh saja. Pikiran baiknya terbuka untuk memperoleh inspirasi, namun bukan berarti mengambil semua yang datang. Orang pintar berwawasan luas, orang bijak memilah informasi yang ada. Sesuaikan dengan kata hati. Jadilah lentera bagi diri sendiri.

Bila ada kata yang tak dikenankan, apalagi berupa paksaan, baiknya ditolak saja. Lukisan ini milik sendiri, patutnya diwarnai sesuai kehendak hati. Jadikanlah lukisan indah, tapi menurut kata hati, bukan orang lain. Bila terus-menerus mengekor, hidup ini bukan lagi milik pribadi, namun jadi kreasi yang lain. Dimana kepunyaan diri?

Ketika mulai tergoyahkan dan bimbang, beritahu pikiran. Ini lukisan saya, warna saya. Inspirasi saya, kejujuran saya. Lukisan ini akan jadi indah bagi saya. Lukisan ini menyiratkan saya. Lukisan ini pribadi saya.

Ini hidup saya.

3 Responses

  1. I think I should learn this language before I post something as comment. 😦

    Anyway, thank you for your comment on our blog. I really appreciate it. I’ve just changed the header image of our blog and would like you to have a visit there.

  2. Okay, I’ve learned. 😀

    I totally agree with you that the worst painting is that which is not honest. 🙂

    I think painting is a hard work. Do you do painting? I wish you would upload a scanned image of one of your paintings.

    • Wow, you’re a really fast learner! 🙂

      Yes I do painting, but just for fun, not for money. My friend told me that too. Maybe I’ll try to do that in the future 😉

Leave a Reply

